BISNIS LAUNDRY LARIS

Laundry business

Bisnis yang masih menjanjikan keuntungan

Peluang bisni perlengkapan laundry terbuka lebar seiring maraknya usaha laundry. Tak heran, banyak orang tertarik terjun ke usaha ini. Mereka rutin memasok perlengkapan ke gerai laundry di perbagai daerah di Indonesia. Maraknya usaha laundry telah membuka peluang usaha baru. Salah satunya adalah usaha pembuatan dan penjualan kebutuhan perlengkapan laundry, seperti detergen, softener atau pelembut pakaian dan pewangi.

Salah satu pemain di bisnis perlengkapan laundry ini adalah Ana Astiati, lewat bendera usaha Bengkel Cuci di Karawang Jawa Barat. Ia mulai terjun ke usaha ini sejak awal 2012 ini. Ia terjun ke usaha ini karena melihat peluangnya besar. Menurut ana, menjamurnya bisnis pencucian pakaian di Indonesia menjadi sasaran empuk bagi bisnis penjualan perlengkapan Laundry. Ini terlihat dari tingginya permintaan.

Untuk kebutuhan laundry ini, ia memasarkan detergeen kemasan 15 ktg dengan Rp 135.000. Sementara softener dipasarkan dengan kemasan 5 liter seharga Rp 40.000. Adapun pewangi kemasan 5 liter dihargai Rp 100.000. Dari usaha ini, ia meraup omzet lebih dari Rp 10 juta sebulan. Produk-produk perlengkapan laundry itu diproduksinya dengan melibatkan para pelaku industri skala kecil di Karawang.

Selain detergen, softener, atau perlengkapan, ana juga memasarkan mesing pengering pakaian merek Akari. Pelamain lain di bisnis ini adalah Hermanto di Yogyakarta. Dengan mendirikan Sido Bangun Mandiri, ia memasarkan perlengkapan laundry, seperti detergen, pewangi, dan softener. Selain itu, ada juga cairan khusus pembersih noda, seperti karat, lemak, darah dan tinta. Harga jual produk tersebut bervariasi. Untuk detergen dihargai Rp 12.000 per kg, pewangi Rp 125.000 per 5 liter, dan softener Rp 40.000 per liter.

Namun, ia membatasi pembelian minimal 20 kg untuk detergen. Sementara pewangi dibatasi minimal lima galon dan softener 1 galon.”Kapasitas satu galon sekitar 5 liter”, ujarnya. Ia mengaku, banyak pemilik laundry di Jakarta, Cibubur dan Depok membeli perlengkapan laundry darinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s