BISNIS BATIK SUTRA TULIS

Batik Sutra Tulis

Batik sutra tulis menguntungkan

Bisnis batik sutra tulis masih menjanjikan. Pasar sangat menyukai batik sutra tulis lantaran bahan kainnya lembut dan enak di gunakan. Veronika Kanik Hartani, salah satu produsen batik sutra asal Solo, Jawa Tengah, mengatakan permintaan batik sutra tulis di pasaran masih tinggi. Di bawah bendera usaha Dadi Mulyo, Veronika fokus menekuni usaha ini sejak tahun 2007 lalu. Batik sutra tulis dia produksi dalam bentuk kemeja, blus kerja, sarung dan selendang. “Produk kain dan pakaian berbahan sutra memiliki peluang bisnis sangat besar,” ujarnya meyakinkan.
Selama ini, Veronika membidik masyarakat kelas menengah atas. Ia bilang, masyarakat menengah atas lebih tertarik menggunakan pakaian batik sutra tulis. Sementara, masyarakat menengah ke bawah umumnya tidak begitu berminat karena harganya yang mahal. Harga per potong pakaian berbahan sutra bervariasi, mulai Rp 250.000 hingga Rp 6 jua. Khusus produk yang seharga 6 juta terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan sulit ditemukan di pasaran.

Dengan dibantu 15 karyawannya, veronica bisa memproduksi sebanyak 200 meter kain batik sutra tulis dalam sebulan. Dari produksi itu, ia bisa meraup omzet rata-rata Rp 60 juta per bulan. Adapun laba bersih yang dia kantongi mencapai sekitar 30% hingga 35%. Produk batik sutra tulis buatan Veronika telah dipasarkan ke beberapa wilayah di Indonesia seperti Solo, Surabaya, Kalimantan, dan Makasar. Lantaran pasarnya menjanjikan, ia mengaku masi akan terus mengembangkan usahanya ini.”Untuk mengembangkan usaha batik sutra tulis saya fokus pada kualitasnya, kata dia.

Menurut Veronika, kerajinan batik sutra tulis membutuhkan tingkat ketelitian dan keterampilan yang tinggi. Supaya produk yang dihasilkan terjaga mutunya, ia pun terus melatih para karyawannya tentang teknik membatik tulis. Selain fokus pada kualitas, Veronika juga fokus memperkuat jaringan pemasaran. Untuk memperluas jaringan pasarnya, dia banyak melakukan promosi lewat media online. Sebagai salah satu mitra binaan Bank Mandiri, ia juga aktif mengikuti pameran yang sebagian besar difasilitasi oleh bank pelat merah tersebut. Lewat perlabagai ajang pameran itu, Veronika berkesempatan mempromosikan keunggulan produk batik sutra tulisnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s