PELUANG KEMITRAAN BIMBEL

GambarTak diragukan lagi bisnis bimbingan belajar (bimbel) masih menjanjikan. Bisnis ini terus berkembang karena peminatnya tak pernah surut. Peluang itu juga yang dibaca lembaga bimbel bernama Aqila Course di Magelang, Jawa Tengah. Berdiri tahun 2009, lembaga bimbel ini menawarkan kemitraan sejak 2011 lalu. Dalam kerjasama ini, Aqila menjual manajemen, sistem, dan modul kepada para mitra usahanya. Modul pembelajaran yang dijual mulai intuk siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah menengah tingkat pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Modul pembelajaran itu bentuk acrobat reader (pdf).

Selain itu, ada juga sistem administrasi dan buku panduan menjalankan bimbel dalam bentuk Microsoft word dan excel. Modul tersebut tidak hanya dijual kepada bimbel yang baru buka, tapi juga bagi bimbel yang sudah lama beroperasi tapi ingin memakai modul Aqila. “Jadi kami jual modulnya saja”, kata Herlina Bayu Purbosari, pengelola Aqila Course. Untuk modul SD Aqila memiliki modul berisi mata pelajaran IPA, Matematika, IPS dan Bahasa Inggris, sementara untuk SMP terdiri dari IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Pilihan modul SMA meliputi Fisika, Kimia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Dalam kemitraan, Aqila menawarkan tiga paket kerjasama. Pertama, paket lisensi astu dengan biaya Rp 2,8 juta. Mitra akan mendapatkan modul brand Aqila Course, dan sistem pengelolaan bimbel atau SOP. Kedua paket lisensi dua senilai 6,2 juta. Mitra mendapat fasilitas sama dengan lisensi satu plus training satu kali. Terakhir, paket lisensi tiga senilai Rp 1,5 juta. Dalam paket ini, mitra hanya mendapat kan modul dan tidak terikat. Untuk lisensi satu dan dua, mitra boleh memakai nama Aqila Course, selama lima tahun kerjasama.

Saat ini, Aqila sudah memiliki 40 mitra yang tersebar disejumlah kota,seperti Makasar, Surabaya, Lumajang, Gresik, Jakarta dan Kalimantan. Selain itu juga ada 15 mitra yang hanya memakai modul dan tidak memakai nama Aqila. Kelebihan Aqila, siswa dijamin lulus ujian nasional. Jika tidak, 50% biaya bimbel akan dikembalikan. Siswa juga ditargetkan bisa menghitung cepat dalam 12 kali pertemuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s